Posted by: bundagaluh | March 19, 2008

Kisah tiga tanaman

Alkisah ada sebuah keluarga dengan tiga putra-putrinya. KEluarga tersebut sudah hidup selama sepuluh tahun dan tentu dnegan rentang waktu yang sekian itu sudah bisa diketahui hasil dari apa yang orang tua dalam keluarga tersebut tanam. Ibarat tanaman, ketiga putra-putrinya itu ditanam dan dibesarkan dalam keadaan yang berbeda. Di tanah yang memiliki perbedaan tingkat kesuburan, kuantitas dan kualitas air yang disiramkannya serta pada posisi yang beragam pula sehingga kadar penerimaan cahaya mataharipun juga berbeda.

Tanaman yang pertama, ditanam di tanah yang keras, penuh bebatuan. Jika hujan turunpun, dengan mudah air akan mengucur ke tempat yang lain yang lebih rendah. Hanya sedikit yang mau merembes ke bawah disela-sela bebatuan yang menghimpit akarnya. Tanaman ini akhirnya tumbuh kerdil dengan dedaunan yang mungil-mungil.

Tanaman kedua tumbuh dengan lebih baik karena ia ditanam di tanah yang sudah digemburkan terlebih dahulu. Tumbuhnya lebih subur dan baik karena air sebagai sumber makan dan minumnya mudah terserap ke tanah dan memasuki akar-akarnya. Sayang, ia terhalang oleh kumpulan pepohonan besar yang tumbuh di sekelilingnya, sehingga cahaya matahari tak bisa menembus pucuk-pucuk daunnya. Ternyata, ini menyebabkan tingkat kesuburannya kurang.

Setelah mempelajari penyebab kegagalan pertumbuhan kedua tanaman pertama, tanaman ketiga ditanam dengan kondisi yang lebih baik. Ia ditanam di tanah yang gembur, kadar air yang disiramkannya cukup, dan cahaya mataharipun bebas menyapanya setiap hari. maka ia pun bisa tumbuh dengan segala kelebihan yang tidak dimilki oleh kedua tanaman yang terdahulu.

Begitulah ketiga putra-putri dari keluarga tersebut diibaratkan. Jadi, adalah sangat bijaksana dan wajib hukumnya jika kita selalu berusaha menanam segala jenis tanaman itu dengan kondisi yang sebaik-baiknya agar kita pun bisa memperoleh hasil yang maksimal.

(Irawati Istadi, melipatgandakan kecerdasan emosi anak, 2006)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: