Posted by: bundagaluh | April 5, 2008

Belajar Jam

Hari ini, selesai maghrib, Salsa belajar Jam dari materi yang aku ambil dari learnigpage.com

Wah asik sekali salsa. Untuk lima lembar worksheet pertama Salsa bisa mengerjakan dengan mudah (masih aku temani karena worksheet tersebut berbahasa Inggris). Lumayan, begitu aku kasih tebak-tebakan lain tentang hal yang serupa, ia sudah bisa menjawabnya dengan cepat.

Tapi untuk lembar-lembar berikutnya, Salsa lumayan kesusahan karena harus sudah pakai logika. salsa mulai kesulitan dalam memahami arti 30 menit atau setengah. YAh, mungkin memang nalarnya belum sampai ke situ. AKhire aku minta Salsa untuk mewarnai worksheet2 awal yang sudah dikerjakan saja dan menghentikan pembelajaran worksheet berikutnya. Terus terang aku tidak mau memaksakan suatu hal yang memang kira-kira anak-anakku belum bisa ke situ.

Nah ketika acara mewarnai itu yang Salsa bisa asik banget….Hilang deh wajah serius dan bingung serta hampir ‘mutung’ ketika berhadapan dengan penunjukan 30 menit tadi. Salah ibunya sih ya hehehe

Berarti aku masih harus hunting banyak materi yang sesuai dengan tahap perkembangan Salsa maupun Royan.


Responses

  1. Memang mbak, salah satu tantangan terbesar buat “guru otodidak” kayak kita adalah memprediksi kapasitas anak. Mana materi yang pas buat mereka, terlalu berat atau terlalu ringan. Sampai akhirnya mereka menjadi pembelajar mandiri yang bisa memilih sendiri hari ini mau belajar apa.

    Terus berjuang ya mbak… sukses ^_^

  2. Halo.. mbak.. ikutan nimrung ya…
    Kayaknya bener deh, kita sebagai ortu harus bisa mengerti kemampuan dan kondisi anak. Kadang kl ortu yg tdk mengerti akan marah jika anak tdk konsen belajar padahal mungkin aja saat itu sang anak sedang tidak enak badan, cape atau bosen dll. Saya yakin kl kita mengerti perasaan anak, anak juga akan mengerti perasaan ortunya.
    Tetap semangat ya mbak.. untuk menjadikan anak2 sukses
    Saya pernah buat tulisan tentang perasaan anak dalam “Karena Mba.. Capek” di blog saya. Mampir ya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: