Posted by: bundagaluh | May 26, 2008

Belajar Membaca di Stasiun Balapan

Kemaren, aku sama de’ Royan diajak ayah dan ibu ke stasiun balapan. Tempatnya gede banget. Ibu sibuk banget kasihtau de’ Royan segala hal yang di temui di stasiun itu. Aku pun juga ikut belajar mengenal benda-benda baru.

Nah, di stasiun itu, aku juga belajar membaca. Ibu kasih tebak-tebakan huruf dan angka. Ah itu mah gampang. aku udah hapal sebagian besar huruf dan angka. Tapi giliran ibu nunjuk tulisan dan nyruruh aku baca, mak pleret…aku jadi diem habis belum tau bacanya gimana. Tapi setelah beberapa kali diajar dan iulang-ulang sama ibu, aku mulai bisa kenal tulisan kantor, kantin, masuk, keluar dan lain-lain.

Waduh, kapan aku bisa baca sendiri ya? pasti enak bisa tau macem-macem…

Oiya, aku diajak naik kereta prameks sama ayah dan ibu. tapi kita ga beli tiketnya. Kata ayah, kereta ini hanya langsir di Stasiun Jebres (timurnya stasiun Balapan). Trus habis ambil penumpang di situ balik lagi ke balapan. Kita turun deh di balapan lagi.

Yang paling sueneng tuh de Royan. Kalo keretanya berenti pasti teriak-teriak suruh cepet jalan. Trus kalo ga cepet-cepet jalan, de Royan ngambek deh..Tapi kalo udah jalan de Royan langsung sorak-sorak lagi.

Aku dapat kata baru waktu di kereta yaitu ‘kres (crash)’ yang kata ibu, itu artinya tabrakan/barengan. Kalo di kereta itu berarti satu kereta harus berenti dulu nunggu kereta dari arah berlawanan lewat. Kalo kereta kita ga berenti, maka nanti akan jadi tabrakan deh antara kereta yang kita tumpangi dengan kereta yang dari arah depan. Oh, jadi itu alasannya kenapa kereta Prameks tadi sering banget berenti trus ketika berenti ada kereta laen yang dari arah depan lewat. Aku baru ngerti..

Sesampai di rumah, ibu nanya-nanya tentang apa yang tadi aku sama de’ Royan liat di Stasiun Balapan. Aku sih inget beberapa tapi da juga yang ga inget…habis banyak…


Responses

  1. wah senangnya belajar mengenal stasiun ya…informasinya bertambah lagi deh…kalo di jakarta adanya KRL dan KRD..


Leave a Reply

Categories

