Posted by: bundagaluh | May 27, 2008

Kertas Bekas persensi yang berguna

Kemaren aku bersih-bersih dokumen di kantor. Aku pilah-pilah mana yang mesti disimpan dan mana yang mesti udah dibuang. Dari sekian abnyak dokumen, bekas persensi yang terbuat dari ekrtas karton agak tebal membuatku teringat sama anak-anak karena selain tebal juga berwarna-warni (pink, hijau, kuning dan biru). Akhire muncullah ide buat bawa pulang yrus ngajarin anak-anak bikin jam dari kertas. Aku pernah baca tentang jam dari kertas ini beberapa waktu lalu di internet.

Wah bener juga, sesampai di rumah setelah aku bilang ke anak-anak mereka antusias dan seneng banget ketika aku suruh bongkar tas kerjaku dan menemukan kertas tebal warna-warni didalmnay. Mereka jadi tambah seneng ketika aku bilang kita mau bikin jam mainan dari kertas ini. Salsa dengan semangat 2008nya segera mencari perlengakpan yang dibuthkan. Untunglah aku sellau membaisakan anak-anak untuk selalu memberesi mainannya sendiri dan meletakkannya ditempat yang semestinya sehingga terlihat Salsa dengan mudah mendapatkan segala keperluan yang mesti disiapkan.

Kalo Royan lain lagi, dengan spontan dia muter-muter nyari krayonnya sambil bilang aenek-aenek lho aenek alias “raenek raenek lho raenek” (artinya ga ada tuh ga ada). Padahal Royan tuh cuma liat ke kamar bukan nyari krayonnya hehehe..

Yang membuat aku seneng adalah melihat betapa Salsa bisa menangkap instruksi yang aku berikan utnuk membuat jam kertas itu mulai dari menyiapkan alat-alat dan bahannya sampai acara bikin pola dan ngguntingnya. Semua dilakukan sendiri kecuali pada tahap memasukkan lidi ke jarum jam dan ke lingkarannya. Selain juga belum kuat, aku juga ngeri kalo Salsa sendiri yang nglakuin bisa-bisa tangannya yang kena lidi tadi. dasar ibu, kawatiran melulu ya….

BEgitu selesai, dengan bangganya Salsa nunjukin jam buatannya ke semua orang di rumah. Kalo Royan, kertas tadi cuma dicorat-coret bikin lingkaran sambung menyambung. Katanya di lagi gambar kereta…
Apapun itu, aku puas deh bisa kasih kegiatan yang mendidik buat anak-anak. Semoga ibu dapet ide lain ya nak….


Responses

  1. wah, senang bacanya nih bunda, barang bekas bisa diolah menjadi hal yang menakjubkan buat anak…

  2. he he he…wong sebenere aku tuh banyak niru ide kreatif dari mbak dan suami je… thanks deh


Leave a Reply

Categories

