Posted by: bundagaluh | May 27, 2008

Mind Map

Saat ini istilah mind mapping (pemetaan pemikiran/ide) begitu dekat dengan telinga kita terutama para orangtua. Buku-buku tentang mind map, mind gyms pun juga laris manis bak kacang goreng. Bahkan aku sempat kesulitan untuk mendapatkan ketiga edisi mind mapping untuk anak yang ditulis oleh Tony Buzan. Namun alhamdulillaah akhirnya aku berhasil memiliki buku-buku bagus tersebut. Menurutku, buku ini sanagt bagus dan cocok sekali terutama bagi orang-orang yang memiliki kecenderungan disorganis seperti diriku. Dengan mind map, aku (meski masih dalam taraf mencoba dan belajar) agak bisa mengarah ke satu titik alias fokus ketika sedang mengerjakan sesuatu. Tidak seperti biasanya, aku sering banget tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu dan selalu bercabang-cabang ke kegiatan lain yang sering tidak terorganisisr dengan baik. Alhasil sering sekali aku kelewat dari sebuah deadline atau semacamnya.

Dalam bukunya yang berjudul, “Buku Pintar Mind Map’ (2007)Tony Buzan meneybutkan bahwa Mind map adalah sebuah cara termudah untuk menempatkan informasi KE DALAM otak dan mengambil informasi KE LUAR dari otak — Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan ‘memetakan’ pikiran-pikiran kita. Mind Map juga sangat sederhana. Mind Map bisa disamakan dengan sebuah peta kota yang akan mengantar kita menuju ke seluruh pelosok kota dengan tepat. Mind Map ini akan:
– memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas.
– Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita akan berada.
– mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat
– mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru
– menyenangkan untk dilihat, dibaca, dicerna, dan diingat.

Mind Map ini berujud garis lengkung, simbol, dan gambar yang kesemuanya dibuat colorful. Mind map ini merupakan panduan kita dalam merencanakan suatu kegiatan/event secara terstruktur hanya dalam satu lembar kertas. Bahan-bahan untuk membuat Mind map ini sangat sederhana yaitu:
– satu lembar kertas kosong yang tidak bergaris
– pena dan pensil warna-warni
– Otak
– Imajinasi

Berikut ini langkah mudah untuk membuat Mind Map kita pertama tentang kegiatan yang kan kita lalukan esok hari:
1. Ambil secarik kertas folio kosong tak bergaris
2. Gambarlah sebuah simbol central yang bisa mewakili arti kata BESOK
3. LAlu buatlah cabang-cabang inti yang berbentuk garis lengkung dengan warna yang berbeda. Setiap cabang mewakili satu anggota keluarga (MISAL: ANAK, SUAMI, PEKERJAAN,dll)
4. MAsing-masing cabang tariklah menjadi ranting-ranting kecil (DENGAN WARNA BEDA) yang akan memandu kita untuk menuliskan nama subnya contoh pada Cabang ANAK aku tarik garis lengkung sebagai rantingnya dan aku tulis Salsa.
5. Setelah itu dari SALSA tadi aku buat lagi garis-garis lengkung lain sebagai rantingnya dan aku tuliskan pada setiap rantingnya dengan kegiatan Salsa esok hari, MISAL Sekolah, Games, KEgiatan di Rumah dan seterusnya.

Demikain pula dengan cabang-cabang anggota keluarga dan kegiatanku esok hari yang lain.
Mind Map ini membantuku merencanakan kegiatanku baik di rumah maupun di kantor. Dan ketika aku mematuhi dan menjalankan semua yang aku gambarkan di MInd Map tadi ternyata hasilnya LUAR BIASA. Aku merasa lebih sukses menjalani hariku karena aku bisa melakukan semua target kegiatan yang aku agendakan.

Mind Map ini menurutku cukup bagus buat orang yang bersifat disorganis kayak aku ini. Yah, semoga aku tetep semangat dan selalu bisa memetakan kegiatan-kegiatanku dan menjalaninya dengan baik. Karena meskipun jika aku selalu memetakan kegiatan dan cara-acaraku tapi kalo tidak aku kerjakan kan ya sama aja ALIAS jadi disorganis lagi deh hehe ^_^


Responses

  1. kadang kita memang kurang menyadari sebenarnya yang menjadi visi dan misi kita sesungguhnya apa, dengan membuat mind map…semua pasti akan terurai dengan jelas, sehingga memudahkan kita melangkah…tapi mbak, saya sendiri hanya tau teorinya saja, soale entah kenapa setiap pengen bikin kok macet di tengah jalan..bingung sendiri…^_^

  2. nek aku seringnya agak-agak gampang bikin mapnya tapi ya itu JELEKnya aku tuh masih suka ngelanggar apa yang udah aku petakan. saking disorgisnya kali ya…tapi cukup membantu kok terutama untuk urusan anak. yah yang penting tetep semangat aja deh…


Leave a Reply

Categories

