Posted by: bundagaluh | September 2, 2008

Tarawih di Masjid pertama Royan

Hi..hi..hi…lucu dan sebenarnya agak-agak jengkel juga nih sama Royan..Dari hari Senin malam kemarin Royan aku ajak sholat tarawih di masjid Nilasar (di perumahanku). Sebenarnya sih ini bukan pengalaman pertama Royan untuk ikut sholat di masjid karena biasanya ayah selalu mengajak Royan ikut sholat jamaah di masjid terutama ketika maghrib. Nah, baru kemarin malam itu tuh yang pertama dengan aku, Salsa dan mbak Mi.

Memang Royan masih suka usil banget (jelas sebenarnya Royan ga’ bermaksud begitu ya sayang…) ketika sholat berjamaah di rumah dengan aku dan kakaknya. Namun biasanya justru kakaknya yang jadi sasaran. Dinaiki punggungnya ketika sujud, diumek-umek wajahnya ketika lagi berdiri, didorong-dorong ketika lagi ruku’ dan bla-bla-bla..namun alhamdulillaah Salsa tuh udah dewasa banget urusan sholat jadi dia ga terpengaruh ketika diusilin adiknya dan tetep melanjutkan sholatnya sampe selesai…(hebat kak Salsa nih…)

Nah, ketika di masjid itu, aku sudah memperhitungkan untuk memilih shaf yang paling belakang supaya kalo Royan usil tidak begitu mengganggu jamaah lain. Eh, la kok ya tetep aja…bukannya ibunya atau kakaknya yang diusilin tapi mbak mahasiswi yang di sebelahku tuh yang dipeluk,digodain, diciluk ba dan lain-lain…badalah..Royan…Royan…

Belum cukup sampe di situ, Royan malah maju ke shaf di depanku yang ada anak kecil seumuran Royan trus ngajak ngobrol dan ngajak main. Jadinya si adek cantik yang tadi diem aja jadi ketawa ngakak bareng-bareng dan ruame puol..sampe-sampe akhirnya diajak pindah sama kakaknya (maaf ya mbak…)

Memang Royan tuh tipenya SKSD alias Sok Kenal Sok Dekat…^_^

Nggak sampe di situ ternyata kata ayah, Royan tuh sukanya nggelitiki kaki jamaah lain kalo lagi pada duduk di antara dua sujud. Masyaallaah…thole..thole..

_____

Sepulang dari masjid itu, aku berkeinginan untuk tidak jamaah tarawih lagi di masjid namun lama-lama aku berpikir toh ini juga semacam pembelajaran pada Royan tentang Ramadhan. Yah, meski harus bermuka tebal karena banyak jamaah lain yang geleng-geleng dan melihat ke arahku ketika Royan berulah ga pa pa lah toh aku yakin jika Royan sudah mengerti, ia tidak akan bersikap seperti itu. Dengan berbekal kayakinan itu, aku ajak lagi anak-anak ke masjid untuk tarawih berjamaah menyemarakkan bulan ramadhan.

Dan alhamdulillah, tadi malam Royan tidak sebegitunya (meski suaranya aku yakin masih dapat di dengar oleh imam di depan sana ^_^)

Yah, gimana lagi dunk…


Responses

  1. yang sabar ya bunda…hehhehe…dik Nabila aja belum aku ajak ke masjid buat tarawih. Takut ganggu..insyaAllah mau coba ah..

  2. saya juga blum berani ajak si kecil tarawih berjamaah di masjid… karena si kecil masih seneng bercanda saat shalat. Kalo shalat Ied sih selalu ikut, karena waktunya lebih pendek🙂
    Itupun saya cari tempat yang rada nyempil, supaya si kecil nggak kabur🙂

  3. wah kayaknya aku nyerah deh mbak…ntar malem tarawih di rumah aja. La semalem Royan lari-lari di antara shaf dari shaf pertama sampe terakhir berlagak jadi kereta api sambil bilang tut tut tut (dengan bangganya..) udah gitu ntar nabrak salah satu jamaah (kebetulan itu pas yang di deketku). Katanya “e..e..nabrak…” capek dech…


Leave a Reply

Categories

