Posted by: bundagaluh | September 9, 2008

Membuat Kaastengel dan Speculas

Aha…alhamdulillaah akhirnya kesampaian juga impian hati untuk dapat membuat kue kering sendiri Sabtu kemaren. Dan ternyata sangat mengasyikkan dan cukup seru lho cara membuat kue tersebut karena aku melibatkan Salsa dan Royan…Yang paling lucu adalah ketika lagi mencampur bahan dengan mixer, Royan yang selalu sibuk mbantuin (baca: usil) langsung lari ngibrit ketika mixer dinyalakan, TAKUT dengan suaranya,🙂

Berikut ini adalah cara membuat kaastengelnya yang aku ambil dari tabloid Koki edisi 00130-Agustus 2008

Bahan:  margarine 185 gram, roombutter 15 gram, Tepung terigu protein rendah 250-300 gram diayak, kuning telur 3 butir, keju tua diparut 150 gram, kuning telur 1 butir untuk polesan.

Cara Membuat:

  1. Kocok margarine dan roombutter hingga lembut
  2. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok hingga rata
  3. tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata
  4. masukkan keju tua, aduk hingga rata
  5. Ambil adonan secukupnya lalu pilin memanjang dengan diameter 1 cm. Seharusnya sih adonan dimasukkan ke dalam plastik segitiga lalu disemprotkan. Tapi karena aku penginnya anak-anak bisa terlibat akhirnya ya aku pilin aja😉
  6. Potong adonan dengan panjang kurang lebih 3 cm. lalu letakkan di atas loyang bersemir margarine. Olesi permukaannya dengan kunig telur lalu taburi dengan keju cheddar.
  7. Panggang dalam oven selama kuranglebih 60 menit dengan suhu 160 derajat. Angkat dan biarkan dingin.

Resep Speculas

Bahan: tepung terigu protein rendah 275 gram, bumbu spekuk 1 sendok makan, margarine 160 gram, roombutter 15 gram, gula palem 130 gram, susu cair 3 sendok makan, kenari 75 gram, sangrai cincang kasar.

Cara membuat:

  1. campur terigu dan bumbu spekuk ayak hingga rata, sisihkan.
  2. kocok margarine dan roombutter dengan mixer hingga lembut. Maukkan gula palem sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga gula lruet.
  3. Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata. Masukkan kenari adunk lagi hingga rata.
  4. Tuang susu cair sambil diaduk rata lagi.
  5. Gilas adona hingga setebal 3 mm, cetak sesuai keinginan. (Salsa paling seneng dengan bentuk bunga dan hati sementara Royan bintang dan bulan…gender banget ya🙂
  6. letakkan diatas loyang bersemir margarine dan panggang dalam oven bersuhu 160 derajat selama 25 menit. Angkat dan biarkan dingin.

Nah, sebenarnya sih speculas ini sudah jadi tapi kalau mau dikasih hiasan agar tampiannya jadi lebih cantik bisa dikasih hiasan memakai campuran putih telur 1 butir dan gula halus 125 gram. Supaya tidak amis tambahkan air jeruk nipis secukupnya.

Kocok putih telur hingga setengah mengembang lalu masukkan gula halus dan kocok terus hingga gula halus. tambahkan air jeruk nipis tadi. Masukkan ke dalam plastik. Potong ujungnya (kecil aja) lalu semprotkan ke atas kue speculas yang sudah dingin tadi dengan motif sesuai keinginan. Lalu panggang lagi hingga hiasan kering (kurang lebih 25 menit juga). Jadi deh.

Sebenarnya sih ada beberapa gambar yang aku mabil tapi ga tahu kenapa error terus ketika aku upload. Mau minta tolong ayah, ayahnya masih tidur (maklum postingan ini aku buat jam 2 pagi hehehe…) Maaf ya…

YAng paling membuatku hepi banget adalah moment bersama anak-anak tuh terutama Royan untuk pengenalan warna, rasa, bentuk, dan nama bahan. Sementara untuk Salsa mengajarkan kreatifitas dan imajinasi ketika mencetak dan menghias kue-kue tersebut. Selain itu juga membuktikan pada temen-temen di kantor bahwa ternyata aku juga bisa bikin kue kering lho…;)

Btw, thanks ya mama Ayu..berkat oven pemberiannya akhirnya terwujud sudah bikin kue kering sendiri..lumayan nih ngirit buat lebaran…


Responses

  1. mbak…kok ga sampai jakarta nih kuenya…wa, sisain ya buat kita..sapa tau kita mampir…^_^

  2. hehehe..kemaren langsung tak bawa ke kantor buat bukti bahwa aku bener-bener bisa bikin kue…bener ya mampir..ntar aku bikinin spesial dech buat mbak Devi dan keluarga…

  3. wenakkk y, wektu dpt inie resep na lgsg tak bwat..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: