Posted by: bundagaluh | November 24, 2008

Rencana Pemprov DKI Memajukan Jam Masuk Sekolah

Ketika klak klik di detikNews, aku cukup geli ketika membaca salah satu judul berita mengenai rencana kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk memajukan jam masuk sekolah menjadi 06:30 mulai Januari 2009 besok. Salah satu berita tersebut adalah “Masuk Lebih Pagi, Murid dan Guru bisa Telat Berjamaah” Hahaha…betul juga tuh ya…Aku juga bisa membayangkan bagaimana lebih repotnya aku kalau Pemprov Surakarta memberlakukan kebijakan itu juga. Waduh, bisa-bisa Salsa dan Royan juga tidak akan pernah sempat sarapan pagi tuh…Karena harus bangun paling lambat jam 05:00 (dan itu suseh bangett…)

Trus kalau tidak sarapan pagi, gimana bisa efektif belajarnya kalau energi tidak ada???  Atau kalaupun sempat sarapan, kayaknya dilakukan dengan kemrungsung. Dan kalau kemrungsung, apa itu juga bagus untuk persiapan belajar di sekolah nantinya? Kalau menurutku kok rencana itu perlu dikaji ulang deh…terlebih kalau alasannya untuk mengurangi kemacetan lalu-lintas. Lha sekarang, kalau semua ortu mengantar putra-putrinya sekolah pada jam yang sama trus kendaraan umum juga menjadi lebih padat penumpangnya pada jam yang sama pula apa. Kalau seperti itu bukankah rush hour dan traffic jam ikut maju juga?

Selain itu, untuk efisiensi waktu dan biaya (uang bensin) tentu akan banyak orang tua bekerja, semisal aku yang harus sudah ngajar jam 7:00, akan lebih memilih untuk sekalian berangkat kerja ketika mengantar anaknya sekolah. Nah gimana tuh?? Kalau semua orangtua bekerja berpikiran sama, apa kemacetan tidak berpindah jam juga seperti pemaparan di atas?

Yah…entahlah, ini hanyalah pendapatku dari seorang ibu rumah tangga yang nyambi bekerja di luar. Nggak tau deh untuk pemprov DKI. Tentu hal ini dicanangkan dengan pemikiran yang matang dan setelah melakukan survey dan penelitian yang mendalam dengan hasil yang akurat. Satu sisi, memang ada bagusnya kebijakan memajukan jam belajar karena anak dididik untuk bangun lebih pagi dan menyiapkan segala sesuatunya lebih awal. Dan kalau sudah terbiasa, maka segalanya tentu akan berjalan dnegan baik.

Oke deh, semoga jika rencana ini benar-benar diterapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebijakan ini juga dipikirkan dan kendala-kendala yang mungkin menghadang juga disiapkan solusinya. Good Luck pemprov DKI…


Responses

  1. hi bunda Galuh,
    Salam kenal, saya jg sbnrnya pesimis dgn rencana itu. lagian mustinya dicoba dl utk anak smp-sma.. tp ya.. kita liat aja nanti..🙂

  2. Salam kenal juga mbak…betul..baru aja kemaren aku ketemu sama temenku yang tinggal di Jakarta. Sudah bingung dia, lha masuk jam 07:00 aja dia nganter anaknya ke sekolah tuh jam 05:30..lha ini berarti ntar nganternya harus jam 05:00 dari rumah. Yang paling temanku itu kawatirkan adalah psikologis anaknya…jadi terbebani dengan masalah jam masuk sekolah…merasa nggak nyaman dan akhirnya belajarnyapun jadi ga nyaman juga…gitu katanya…

  3. Rahma masuk jam 7, naku bangun jam 4, la kalo jadi wacana itu, kayaknya aku mendingan sekalian bangun ur deh, biar pahalanya tambah banyak…kalo dah gini, serasa pengen pindah ke yogya aja…hehehe….

  4. mbak…mau dong mbak sekeluarga pindah jogja…ntar bakalan sering main deh karena hampir setiap libur aku dan suami dua hari (sabtu-minggu) gitu, Salsa selalu ngajak ke jogja. Apalagi Royan, karena naik keretanya itu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: