Posted by: bundagaluh | December 21, 2008

Ibu…

Tanggal 19 (ups, salah, 22) Desember kemarin adalah hari ibu. Lagi-lagi karena kesibukan, postingan ini telat uploadnya. maaf ya…

Ibuku adalah sosok wanita yang sangat-sangat sederhana. Beliau tidak mampu membaca dan menulis karena impiannya untuk bersekolah dulu tidak pernah kesampaian gara-gara harus banting tulang untuk membantu orangtuanya dulu.

Di usianya yang sudah mendekati 60, Ibu masih tergolong seorang perempuan yang kuat dan sehat. Bahkan kekuatan tenaganya aku yakin melebihi kekuatanku. Bagaimana tidak, di usia  segitu Ibu masih kuat lho mengangkat dan menggendong sekarung kedelai…Bagimana dengan kita?

Ibuku bangun sekitar jam 02:00 dan terus beraktifitas sampai malam harinya (sekitar jam 20:00 kadang lebih). Kebetulan Ibu tuh punya kesibukan memproduksi tempe kedelai (kurang lebih 70 kg kedelai tiap harinya) dan tidak ada karyawan atau orang yang membantunya. Semua dikerjakan sendiri mulai dari merebus, mencuci, membuat, memotong, menata, dan membawanya ke pasar untuk dijual sendiri dan sebagian diambil oleh bakul-bakul langganannya.

Saat ini, hanya satu hal yang membuat ibu sedih yaitu kesehatan bapak. Tiap kali menceritakan keadaan bapak, selalu berkaca-kaca. Bagaimana tidak wong sejak aku masuk kuliah S1 (th 1995) sampai sekarang bapak tuh sakit-sakitan terus dan selalu berganti-ganti penyakitnya itu. Padahal kami selalu mengupayakan pengobatan yang sebaik-baiknya. Tapi memang hanya kuasa Allaah…

Sosok Ibuku bagi aku pribadi adalah sosok yang benar-benar bisa menajdi panutan baik kesabarannya, loyalitasnya, bahkan semangat dan kekuatan yang dimiliki Ibu.

So, tulisan ini adalah sekedar curahan cinta dan sayangku kepada engkau ibu (meski engkau tidak akan pernah bisa membaca tulisan ini). Semoga sampai nanti Allaah senantiasa memberikan kesehatan, kesabaran, kekuatan,  kasih sayang, dan  kemudahan kepada Engkau ibu… Amin..

Selamat hari ibu…


Responses

  1. bunda, hari ibu itu tanggal 22 des, td pagi barusan ikut upacara.

    Bun ko kisahe hampir sama ya….

  2. Salam kenal Bunda…
    Selamat hari Ibu, semoga kita dapat menjadi Ibu yang baik bagi anak2 kita, bisa menjadi panutan mereka, dan tentu saja menjadi tempat curahan hati mereka, amin… (Kadang terbersit rasa takut jika ternyata kita tidak seideal itu…)

  3. enaknya kasih ibu daya apa ya buug mumpung di zolow??? balez yuph….

  4. Eh iya, jadi emang ternyata tanggal 22 ya?? kok bisa lupa aku. Tadi ingetnya pas lagi di kelas dikasih ucapan selamat ma mhs dan sms dari teman. Baru nyadar deh…

  5. **Mbak farida, salam kenal juga. Blognya bagus dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki pola pengelolaan uang kita. Thanks ya

    **Aniex, hmmm ap ya??
    Coba aja Ibu diajak jalan-jalan seputar Solo kaya Kampoeng Batik trus diminta pilih baju batik disitu. Ato diajak ke Galabo depan PGS kalo malam supaya bisa merasakan aneka hidangan khas Solo.
    Yang jelas, seorang ibu itu akan selalu merasa bahagia dengan segala apa yang diberikan putra-putrinya,bahkan meskipun hanya sebuah pelukan dan ciuman lho…swear..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: