Posted by: bundagaluh | February 12, 2009

Ikan Bakar

Hmm…nyam nyam nyam…akhirnya kesampaian juga membuat ikan bakar sendiri..busyet memerlukan perjuangan yang cukup berat untuk membuatnya ternyata…bikin bara dari arangnya itu lo…ck..ck..ck..

Singkat cerita kemarin kebetulan kalau hari kamis ayah libur (nol jam). Akhirnya kita ke pasar rame-rame deh..trus membeli kakap dan bawal satu kilo serta sayuran yang lain.

Setelah selesai beres-beres kamar Royan, aku ajak anak-anak untuk memulai membuat ikan bakar.  Bumbunya ngawur dan coba-coba berdasarkan insting dan memori rasa hahaha…

Bahan dan Bumbu:

Ikan kakap/bawal (bawal ternyata lebih gurih lho..), Jeruk nipis, ketumbar, jahe, kunir, bawang putih, bawang merah secukupnya plus ditambahi gula pasir sedikit supaya lebih gurih..

Cara membuat:

Setelah dicuci bersih, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis  untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sebentar. Setelah itu gorneg ikan setengah matang supaya tidak lengket di bakarannya. Uleg semua bahan bumbu dan oleskan ke ikan tersebut.

Sementara itu siapka peralatan bakarnya. Aku pakai anglo tanah (Hmmm, jadi ingat almarhum  Eyang Uti Windan deh..) LAlu masukkan arang secukupnya. Siram pakai minyak tanah sedikit dan nyalakan api. Setelah terlihat baranya kipasi terus (mending pakai kipas angin deh..bener…). Setelah bara cukup, tata ikan berbumbu tadi ke capit bakarannya dan bakar diatas bara tadi. Olak-alik sembari sesekali diolesi bumbu supaya meresap. Kalu sudah matant, angkat deh..

Hmmm, yummy bukan dan euh lezat banget…apalagi dimakan bareng sekeluarga hmm…tambah maknyus..

Padahal ketika membuat baranya itu aku sudah hampir nyerah karena suseeeeh…apalagi Salsa dan Royan berkali-kali nanya sudah matang belum…dan berteriak-teriak lapeeer bu…Sempat juga kepikiran mending dioven aja kali ya biar praktis…hehehe.. TApi enggak deh harus tetep berjuang mewujudkan impian membuat ikan bakar sendiri (jaim dong di depan anak-anak dan suami…)

Finally, alhamdulillaah. Sorenya sisa ikan yang belum dibakr akhirnya aku goreng deh hehehe…males bikin baranya lagi…(Salsa protes bukan kepalang dan usul dioven saja tapi aku ga tau entar enak ga ya…akhirnya setelah dengan berbagai penjelasan yang panjang lebar, Salsa nyerah dan menyetujui ikannya digoreng…hehehe maaf ya nduk..lain kali deh ibu nyari nanya resep ikan oven ke mbah Google dulu ^_^)


Responses

  1. hihihi…kalo aku mbak, pilih beli…selesai deh urusan…emang butuh perjuangan amat sangat masalah per-bakaran ini…dulu aku mau bakar ikan bawal 1 aja, arenge habis banyak banget…jadi kapok deh…akhirnya, beli wajan yg bs buat bakaran aja…

  2. weh ada to wajan yang buat bakaran…maklum mbak aku tuh memang terkenal ga bisa masak bisanya cuma nyayur bening dan mask mi hehehe…insyaallaah nyari wajan yang gituan deh solae Salsa protes maunya dibakar…

  3. ada mbak…banyak model dan sing terpenting praktis buat mak-mak model kita ini….hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: