Posted by: bundagaluh | February 21, 2009

Festival Nyanthing dan Mewarnai Batik Kolosal 3000 Anak

Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-264, Pemkot Solo bekerjasama dengan Dikpora Solo mengadakan “Festival Nyanthing dan Mewarnai Batik Kolosal 3000 anak di Grha Wisata Solo di jalan Slamet Riyadi pada tanggal 21 Februari 2009 kemarin. Acara ini berlangsung sangat meriah dan hiruk pikuk. Acara dimulai jam 08:30 dan selesai sekitar jam 12-an.

Walikota Surakarta, Bp. Ir. Joko Widodo memang patut diacungi jempolan dalam urusan mempromosikan dan membangkitkan budaya batik ini. Bisa dilihat dengan jelas bagaimana batik saat ini menjadi trend nasional dengan berbagai modifikasi model. Selain itu, beberapa waktu yang lalu juga diselenggarakan festival batik di City Walk Solo. Untuk PNS gurupun juga mendapatkan jatah seragam batik untuk tiap hari Kamis. Disusul dengan acara festival nyanthing dan mewarnai batik kemarin. Hmm, sungguh benar-benar sangat “menjual” kota Solo melalui budaya batiknya.

Dalam acara nyanthing, peserta yang mengikuti adalah yang berasal dari Sekolah dasar. MEreka harus membawa peralatan nyanthing sendiri mulai dari tungkunya dan lain-lain. Panitia hanya menyediakn kain putih berukuran sekitar 30x30cm. Peserta mempunyai kebebesan untuk membuat motif batiknya. Dan hasilnya luar biasa, bagus-bagus banget. Sayang kemarin lupa bawa tidak mengabadikannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: