Posted by: bundagaluh | March 4, 2009

Melipat Kaos Kaki dan Pakaian Dalam

Kemarin sore, aku minta Salsa untuk melipat kaos kaki dan pakaian dalam lalu mengelompokkannya berdasarkan kategori pemilik. Sekalian saja aku ajari melipat kaos kaki dan pakaian dalam yang benar. Wah, lumayan Ternyata salsa sangat menyukai kegiatan ini.

Setelah selesai aku minta Salsa untuk menghitung dan menjumlahkannya. Waah, Salsa bisa belajar berhitung melalui kegiatan ini….hebatnya lagi selesai dilipat, Salsa menaruh di tempatnya masing-masing. Dan rapi…

Terimaksih ya kak, kakak hebat…

Harusnya dari awal ya,  anak-anak dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga.  Selain sebagai pengenalan dan kegiatan yang menantang bagi mereka, melibatkan anak-anak dalam urusan pekerjaan di rumah tentu akan bisa menjadi bekal mereka kelak ketika sudah dewasa dan hidup jauh dari kita. Selain itu juga, ternyata bisa membuat anak-anak tidak bosan dengan rutinitas yang ada. Wah..wah…wah…

Satu tips: kelihatannya akan lebih menantang dan seru jika setelah selesai melipat, anak-anak diminta untuk menggambar lalu mendata jumlah kaos kaki dan pakaian dalam yang ada. Untuk anak di bawah 3 tahun (terlebih yang agak susah duduk diam kaya Royan) bisa diminta untuk mengelompokkan berdasarkan warna…Nah ini nih yang butuh ekstra kesabaran…


Responses

  1. hihihi..lagipula, kita juga terbantu…huahahaha…
    ya begitu deh mbak, banyak banget sebenernya pembelajaran ketika kita bareng anak, asal kitanya bisa masukin sesuatu pada waktu yg tepat…hasilnya akan luar biasa…masalahnya adalah : kita kadang masih sulit bener memfokuskan pikiran hanya pd kegiatan yg sedang dilakukan dengan anak…sering terlintas hal lain, sebangsa jemuran…cucian…makanan…

  2. betul..betul..betul..
    dan mbak kebetulan aku tuh sering menyepelekan urusan pakaian dalam dan kaos kaki (karena ga aku setrika). Mikirnya entar aja deh..udah capek. mending ngerjain yang lain. yang penting sudah aku jadikan satu box gitu.padahal kalo nyari jadi bingung…dengan kejadian kemarin, ENAK bo’…udah deh aku pasrahkan ke Salsa aja besok-besok…(pst..pst..pst mumpung Salsanya sudah bobo jadi biar ga ketahuan kalau dimanfaatin sama ibunya…^_^)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: