Posted by: bundagaluh | April 27, 2010

Kakak….!!

Ada sesuatu yang mengganjal dalam pikiran ibu dan terus terang menjadi beban persoalan tersendiri bagi ibu. Yaitu kakak. Entahlah, akhir-akhir ini sering banget kakak tidak mau mendengarkan nasehat/saran ibu dan cenderung sengaja melanggar “kesepakatan tata tertib” yang kami buat bersama. Selain itu juga sering teriak-teriak ketika marah atau jengkel dengan dik Royan. Yang paling membuat ibu heran adalah semangatnya untuk melukis, membaca, dan menulis sangat berkurang. Apa-apa harus selalu ibu ingatkan/suruh padahal biasanya untuk urusan tiga kegiatan tersebut (terutama melukis) selalu rajin kakak lakukan. Jika ibu tanya kenapa, sealu kakak hanya menjawab dengan gelengan kepala atau mengangkat bahu sambil ngeoyor pergi dengan cueknya. Ihh, sebbeeeel… Jika akhirnya ibu berkata panjang lebar (baca: marah. Hiks, harusnya tidak ibu lakukan ya nduk. Maafkan ibu), kakak hanya akan diam sambil menatap ibu.

Bahkan yang bikin ibu terkaget-kaget adalah ketika kakak tiba-tiba bertanya, “ibu lebih sayang siapa, kakak, dik Royan atau dik Arsya?” Gubrak!!! Bener-bener ibu kaget saat itu. Spontan ibu berkata, “Lho, ibu sayang semua kak. Dan sayangnya ibu ke kakak, dik Royan, dan dik Arsya itu sama. Ibu sayang banget sam kakak, ibu sayang banget sama dik Royan, dan ibu juga sayang banget sama dik Arsya. Lha memangnya ada apa kak? Kok kakak nanyanya begitu?”

“Lha tadi, ibu bilang kalau dik Royan lebih pinter momong dik Arsya daripada kakak. Berarti ibu lebih sayang dik Royan daripada kakak.” Begitu kakak berargumen. Gubrak Lagi!!! Ternyata itu toh yang jadi persoalan. Kakak merasa tersisihkan. Maafkan ibu nduk. Ibu salah tadi.

Memang kalau dipikir-pikir ibu juga yang salah: membanding-bandingkan Kebetulan memang Royan yang lebih ceriwis selalu saja bisa bertahan lama mengajak ngobrol dik Arsya dengan segala macam cerita. Sementara Kakak yang memang tipenya agak pendiam,biasanya hanya meniru ocehan dik Arsya. Yah, maafkan ibu kak. Ibu tidak bermaksud membeda-bedakan kasih sayang ibu dengan perkataan ibu tadi. Maaf ya…ibu harus banyak-banyak belajar berkomunikasi lagi.

Itulah, satu hal yang bisa ibu simpulkan dari perilaku kakak akhir-akhir ini adalah bahwa mungkin kakak merasa amat sangat cemburu terhadap adik-adiknya dan merasa berkurang kasih sayang dan perhatian ibu. Sehingga perilaku kakak yang cenderung “kurang tertib” merupakan suatu bentuk luapan hati dan perasaan cemburunya. Yah, maafkan ibu kak. Memang waktu ibu saat ini lebih terkuras untuk dik Arsya yang masih bayi dan beberapa pekerjaan yang harus ibu selesaikan. Terkadang ibu juga sudah merasa lowbat banget ketika malam menjelang. Harusnya ibu lebih bijak lagi mengatur waktu ibu ya kak…namun satu hal kak, kasih sayang dan cinta ibu tidak berkurang sedikitpun baik itu ke kakak, dik Royan ataupun dik Arsya. Percayalah kak…Ibu masih dan tetap sayang banget dengan kakak.

Dan satu lagi, terimakasih kak, dengan ini ibu harus lebih banyak belajar lagi untuk mengatur waktu ibu. I love you…


Responses

  1. Susah banget memang ya mbak kalo dah gini, bawaannya memang membandingkan terus…
    Kok sama banget ya, Rahma juga gitu lo mbak, terus aku jadi mbandingin sama Rafif….
    Kita harus terus berusaha n belajar membiasakan komunikasi yg benar…..semangat….
    Kayaknya ini sering terjadi pas ada adek baru apa ya???

    • iya tuh mbak heran. kali memang karena ada adek baru ya.Dulu pas kelahiran Royan tidak begitu terasa sih karena ada mbak Mi yang bantuin, minimal untuk urusan house chors, sementara skrg apa-apa harus sendiri jadi ya wajar bangetlah kalo salsa kaget dan merasa “terkesampingkan”.
      Yups tapi bener, “tetep semangat dan belajar berkomunikasi” thx mbak ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: