Posted by: bundagaluh | April 29, 2010

Kegiatan Harian

Terus terang Kegiatan Harian ini muncul di saat Salsa (putri I kami) merasa “terkesampingkan” karena kesibukan ibunya, terutama, sehubungan dengan kelahiran adik keduanya (Arsya). Juga karena mungkin kami terlalu sering membanding-bandingkan Salsa dengan Royan (meskipun kami tidak bermaksud memihak siapapun dan mengurangi kadar cinta kami ke anak-anak). Alhasil, Salsa bereaksi sebagaiman sudah aku ceritakan di kakak…!!. Nah, alhamdulillaah kami berkunjung ke website mas Aar dan mbak Lala dan menemukan 7 Kegiatan Sehari yang sangat menginspirasi kami untuk mengaplikasikan ke anak-anak. Alhasil inilah kegiatan harian yang sepakat kami buat:

Kegiatan wajib Harian:

– Kakak: membaca, menulis buku harian dan apa yang dibaca, membantu ibu (terakhir kakak membantu ibu ngepel lantai ^_^) dan menjaga adik

– Royan: bikin-bikin (Royan suka banget bikin sesuatu dari lego, bekas stik es krim, ato yg lain), bercerita tentang yang dibuat, membantu ibu (mencuci peralatan makan dan minumnya sendiri) dan menjaga adik.

Kegiatan wajib Mingguan:

– Kakak: Melukis (dalam satu minggu harus menghasilkan minimal satu lukisan)

– Royan: nah yang ini masih bingung nih….jadi untuk Royan belum ada wajib mingguan (idenya dong, pren…) ^_^

Kegiatan pilihan:

Ini kami serahkan semua ke anak-anak namun yang kami tekankan adalah selalu menceritakan apa yang dikerjakan tadi. Misal: nonton TV (hanya di jam dan untuk acara tertentu). Jika memilih nonton maka anak-anak harus menceritakan apa yang ditontonnya tadi. Alhasil, salsa yang kemarin-kemarin agak sering berada di depan TV (pdhl dulu lebih suka bikin kreasi) menjadi berkurang waktunya berada di depan TV ^_^)

Kami masih mendampingi anak-anak dalam membuat kegiatan harian ini. alhamdulillaah cukup membantu kami mengurus 3 anak kami yang masih kecil-kecil.  terutama, sesuai tujuan kami semula  salsa juga menjadi lebih berkurang reaksi “frontal”nya karena dia tahu apa yang akan dikerjakan dan yang terpenting kegiatan itu sesuai dengan keinginannya. Inipun juga menjadi bahan obrolan  sebelum tidur yang mengasyikkan di malam harinya lho ^_^.  Sekali lagi terimakasih mas Aar dan mbak Lala.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: